Kamis, 28 Agustus 2014

Mengenal Tentang Kram

Mengenal Tentang Kram
Badan Sehat dan Bugar - Tentu kita semua pernah mengalami kram pada bagian tertentu, salah satu nya bagian kaki bukan ? Gangguan kesehatan ini memang banyak dialami oleh kalangan manula, namun faktanya sekarang banyak juga kalangan muda mudi, wanita hamil, bahkan anak-anak pun sering mengalami kram.  Kram bisa membahayakan ketika sedang berenang, bahkan tidak jarang seseorang bisa meninggal dunia akibat tenggelam karena mengalami kram.  Sebenarnya apa yang bisa menyebabkan terjadinya kram dan bagaimana cara mudah untuk mengatasi nya ?

Tentang Gangguan Kram

Mengenal Tentang Kram tentu harus kita ketahui. Ini penting bagi penderita kram dan bagi yang belum pernah mengalaminya. Kram yaitu otot di bagian tubuh tertentu menegang, sehingga ini akan menimbulkan rasa sakit. Namun sakit nya ini tidak berlangsung lama, akan tetapi bisa juga berhari-hari. Kram dibagian kaki seperti betis dan paha merupakan bagian tubuh yang paling umum, di mana kaki merupakan organ tubuh yang menompang seluruh anggota tubuh. Selain kaki, kram juga ternyata bisa terjadi di bagian tubuh lain yang digunakan untuk bergerak seperti tangan, leher.

Penyebab Terjadi Kram

Bukan hanya pada bagian tubuh yang bergerak bisa menimbulkan kram, namun pada bagian tubuh yang tidak bergerak seperti perut juga bisa terjadi kram. Alasan kram tentu berbagai macam, namun pada umumnya kelelahan bagian tubuh akibat kegiatan yang berlebihan. Adapun beberapa penyebab lain yang bisa menimbulkan kram antara lain :
  • Dehidrasi
Memang inti dari penyebab terjadinya kram adalah kegiatan yang berlebihan. Di mana ini akan memicu dehidrasi, karena hilangnya cairan tubuh akibat keringat yang keluar berlebihan. Dehidrasi bisa terjadi ketika kita melakukan olahraga khususnya untuk jenis olahraga berat. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu minum banyak air setelah berolahraga.
  • Kurang kalsium dan magnesium
Kurangnya kadar zat kalsium dan magnesium khususnya dalam darah pun bisa mengakibatkan otot dan syaraf menjadi kurang santai/menegang sehingga memicu terjadinya kram.  Biasanya ini terjadi pada wanita hamil, akibat perubahan hormone dalam tubuhnya yang bisa menyebabkan berkurangnya kalsium dan magnesium dalam darahnya.
  • Konsumsi obat-obatan
Mengkonsumsi obat-obatan seperti diuretics yang bisa menyebabkan seseorang banyak buar air kecil juga bisa menyebabkan orang kekurangan cairan bahkan kalsium dan juga magenisum. Dan ini juga termasuk dalam pemicu terjadinya kram.
  • Penyakit Diabetes
Ternyata penyakit diabetes akan mengalami gangguan pada syaraf atau biasa disebut diabetic neuropathy. Ini akibat kadar gula yang tinggi dalam tubuh, maka ini akan merusak syaraf organ tubuh khususnya pada kaki dan ini menyebabkan terjadinya kram.

Cara Mengatasi Kram

Cara mengatasi terjadinya kram memang harus melakukan pola sehat dengan aktifitas yang tidak berlebihan. Oleh karena itu, untuk mengurangi frekuensi terjadinya kram maka lakukan 2 jenis latihan yaitu :
  • Luruskan dan urut perlahan jika terjadi kram pada bagian tubuh seperti betis, maka segera luruskan kaki dan kemudian urut secara perlahan-lahan. Lakukan ini jika memang Anda sudah sering mengalami kram dan ingin menghilangkan rasa sakitnya.
  • Lakukan latihan dengan berdiri satu meter di depan tembok dengan merentangkan kedua tangan sampai menyentuh tembok. Untuk bagian kaki, ratakan kedua telapak kaki di lantai dan pertahankan posisi ini selama 5 detik. Terus ulang latihan ini selama 5 menit saja, dan maksimal 3 kali dalam sehari.
Semoga bisa bermanfaat untuk semua! -hr-

0 komentar:

Posting Komentar

 

Viva Log

Turunkan

Turunkan Berat Badan 1Kg Perhari

Banyak perempuan yang bertanya-tanya mengenai bagaimana cara menurunkan berat badan dengan cepat . Sudah menjadi rahasia umum jika setela...

All of my Blog

Media Partner

Informasi kontes terbaru